Kamis, 13 Desember 2012

Silabus Kimia SMK



SILABUS  

     Nama Sekolah         : SMK Era Utama
     Mata Pelajaran         : KIMIA
     Kelas/Semester        : X/1
     Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep materi dan perubahannya
     Alokasi Waktu          : 16 jam pelajaran (untuk UH 2 jam)
    
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Nilai karakter
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
1.1 Mengelompokkan sifat dan jenis materii
Definsi dan deskripsi tentang materi
·   Mengkaji literatur tentang materi dan perubahnnya
·   Menyimpulkan hasil pembelajaran(PT)

·   Kerja keras,kreatif, mandiri
·   Jujur ,bersahabat, tanggung jawab
·   Kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,tanggung jawab
-  Materi sebagai sesuatu yang memiliki massa, memiliki ruang, dan dapat diraba didefinisikan dengan jelas.
Jenis tagihan:
-  tugas individu
-  ulangan harian





-  Tugas kelompok



-   kuis

-  Kuis
-  Ulangan harian
-  Tugas individu
-  Kuis
-  Ulangan harian
-  Tugas individu


2 jam
Sumber
-  buku kimia,


Bahan
-  lembar kerja
Sifat dan jenis materi


Perubahan Materi, perubahan fisika dan perubahan kimia


·   Mengkaji literatur tentang sifat dan jenis materi  dalam kerja kelompok.(TM,PT)
·   Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokan unsur-unsur.(PT)

·   Kraetif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab

·   Jujur ,bersahabat, tanggung jawab

-  Pengertian perubahan materi dan pengelompokannya dideskripsikan dengan jelas.
-  Perubahan fisika yang ditunjukkan oleh perubahan wujud tanpa terjadi perubahan komposisi atau identitas zat dan dapat diukur diamati dengan benar.
-  Perubahan kimia yang ditunjukkan oleh perubahan komposisi (perubahan warna, terbentuknya endapan, atau gas) diamati dengan benar.
2 jam
Klasifikasi Materi: tunggal, campuran homogen dan campuran heterogen
Unsure dan senyawa
·   Mengkaji klasifikasi materi dengan kelompok diskusi




·   Kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab

-  Pengelompokan materi menjadi unsur,
senyawa, dan campuran
dideskripsikan dengan benar.
-  Pengertian campuran sebagai gabungan beberapa unsur atau senyawa dideskripsikan dengan benar.


-  Pengelompokan campuran menjadi campuran homogen dan heterogen dilakukan dengan benar.
2 jam


Mengidentifikasi materi dan perubahnnya  melalui kerja kelompok (PT)
·  Mandiri, rasa ingin tahu


-  Kuis
Tugas individu



SILABUS  

      Nama Sekolah              : SMK Era Utama
      Mata Pelajaran             : KIMIA
      Kelas/Semester            : X/1
      Standar Kompetensi    : 2. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
      Alokasi Waktu               : 16 jam pelajaran (untuk UH 2 jam)
         
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Nilai karakter
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
2.1  Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron
·   Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom Modern.


·   Mengkaji literatur tentang perkembangan teori atom (di rumah setelah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya).(TM,PT)
·   Mempresentasikan dan diskusi hasil kajian.(PT)
·   Menyimpulkan hasil pembelajaran(PT)

·   Kerja keras,kreatif, mandiri



·   Jujur ,bersahabat, tanggung jawab
·   Kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,tanggung jawab
·   Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan

Jenis tagihan:
-  tugas individu
-  ulangan harian





-  Tugas kelompok



-   kuis

-  Kuis
-  Ulangan harian
-  Tugas individu
-  Kuis
-  Ulangan harian
-  Tugas individu


2 jam
Sumber
-  buku kimia,
-  tabel periodik,
-  kartu unsur

Bahan
-  lembar kerja
·   Perkembangan tabel periodik unsur
·   Mengkaji literatur tentang perkembangan  tabel periodik unsur dalam kerja kelompok.(TM,PT)
·   Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokan unsur-unsur.(PT)

·   Kraetif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab

·   Jujur ,bersahabat, tanggung jawab

·   Membandingkan  perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
·   Menjelaskan dasar   pengelompokan unsur-unsur.
2 jam
·   Struktur atom


·   Mengkaji tabel periodik unsur untuk menentukan partikel dasar, konfigurasi elektron, periode dan golongan,  massa atom relatif.(TM,PT)

·   Kraetif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab

·  Menentukan partikel dasar (proton, elektron dan netron)
·  Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi
·  Menentukan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik
·  Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik

2 jam


·  Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton melalui kerja kelompok (PT)
·  Mandiri, rasa ingin tahu
·  Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton



-  Kuis
Tugas individu



·   Sifat fisik dan sifat kimia unsur
·   Sifat keperiodikan unsur

·  Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan metaloid.(TM,PT)
·  Mengkaji keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan berdasarkan data atau grafik dan nomor atom melalui diskusi kelompok.(TM,PT)
·  Menghubungkan keteraturan sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan(TM,PT)
·  Jujur,disiplin, rasa ingin tahu


·   Kraetif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab
·  Kerja keras, jujur




·   Kraetif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab

·  Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
·  Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan


-     Kuis


-     Tugas kelompok
-     Ulangan harian


2 jam

2.2        Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisik senyawa yang terbentuk

·   Ikatan Kimia
-  kestabilan unsur


-  struktur Lewis

·   Menentukan unsur yang dapat melepaskan elektron atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok(PT)
·   Menggambarkan susunan elektron valensi Lewis melalui diskusi kelas.(PT)

·   Kerja keras, rasa ingin tahu, mandiri


·   Kreatif, rasa ingin tahu, bersahabat

·   Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.

·   Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan oktet) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).
Jenis tagihan
-  kuis


-  tugas kelompok
-  ulangan



-    Tugas individu
-    Ulangan harian
- Tugas kelompok
-    Kuis

-    Tugas individu
-    Ulangan harian





-    Tugas kelompok
-    Ulangan harian



-    Tugas kelompok



-    Tugas kelompok
-    Ulangan harian
Bentuk instrumen
-  laporan tertulis,
- performans  (kinerja dan sikap)
-  tes tertulis

3 jam
Sumber
- buku kimia

Bahan
-  lembar kerja
-  molymood

Alat
-  standar
-  buret
-  corong
-  gelas kimia
-  batang polietilen

-  ikatan ion dan ikatan kovalen
·   Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dalam diskusi kelas(TM,PT)
·   Kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras
·   Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan ion.
·   Menjelaskan proses terbentuk-nya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.

·   Membandingkan sifat-sifat senyawa ion dengan sifat-sifat senyawa kovalen dalam diskusi kelas (PT)
·   Kreatif,bersahabat, tanggung jawab
·   Menjelaskan sifat-sifat senyawa ion dan sifat-sifat senyawa kovalen




·   Ikatan  kovalen koordinasi

·   Mendikusikan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi dari beberapa contoh senyawa sederhana.(TM,PT)

·          Kreatif,bersahabat, tanggung jawab
·   Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi pada beberapa senyawa.

3 jam
·   Senyawa kovalen polar dan non polar.

·   Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di laboratorium.(PT)
·   Jujur, mandiri, rasa ingin tahu,tanggung jawab
·   Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan melalui percobaan.
·   Ikatan logam


·   Mengidentifikasi sifat fisik logam dan menghubungkannya dengan proses pembentukan ikatan logam dalam diskusi kelompok di laboratorium(TM,PT)
·   Kreatif, rasa ingin tahu,tanggung jawab
·   Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya dengan sifat fisik logam.
·   Menghubungkan sifat fisik materi dengan jenis ikatannya.




Standar Kompetensi       : 3.  Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Alokasi Waktu                  : 20 jam (untuk UH 4 jam)

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Nilai Karakter
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
3.1        Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya.

·   Tata nama senyawa






·   Menentukan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama) dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.(PT)
·   Menentukan nama senyawa biner yang terbentuk melalui ikatan kovalen.(PT)
·   Menentukan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama dan NH4+) dan anion poliatomik serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.(PT)
·   Menyimpulkan aturan pemberian nama senyawa biner dan poliatomik.(PT)
·   Menginformasikan nama beberapa senyawa organik sederhana.(PT)
·   Rasa ingin tahu, kerja keras.




·   Rasa ingin tahu, kerja keras.


·   Rasa ingin tahu, kerja keras.





·   Mandiri, tanggung jawab


·   Rasa ingin tahu.

·   Menuliskan nama senyawa biner






·   Menuliskan nama senyawa poliatomik







·   Menuliskan nama senyawa organik sederhana
Jenis tagihan
-  tugas individu
-  kuis





-  tugas indvidu
-  kuis







-  kuis
-tugas kkelompok
- ulangan harian
Bentuk instrumen
-  tes tertulis
-  laporan tertulis
2 jam
Sumber
-  buku kimia,
-  lembar kerja
·   Persamaan reaksi sederhana
·   Mendiskusikan cara menyetarakan reaksi.(TM,PT)
·   Latihan menyetarakan persamaan reaksi.(PT)
·   Bersahabat, tangggung jawab

·   Rasa ingin tahu
·   Menyetarakan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya
4 jam
3.2             Membuktikan dan mengkomunikasikan  berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.









·   Hukum dasar kimia
-   hukum Lavoisier
-  hukum Proust
-  hukum Dalton
-  hukum Gay Lussac
-  hukum Avogadro

·   Merancang dan melakukan percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier, dan hukum Proust di laboratorium.(TM,PT)
·   Menarik kesimpulan dari data hasil percobaan.(PT)
·   Kreatif, tanggung jawab, disiplin


·   Kreatif, tanggung jawab, disiplin

·   Membuktikan Hukum Lavoisier melalui percobaan


·   Membuktikan hukum Proust melalui percobaan
Jenis tagihan
- tugas kelompok


- tugas kelompok
-  ulangan
- tugas kelompok
-  tugas kelompok




-  tugas kelompok
-   ulangnan harian
-   
Bentuk instrumen
-  tes tertulis,
-  performans (kinerja dan sikap)
-  laporan tertulis
2 jam
Sumber
-  buku kimia

Bahan
-  Lembar kerja,
-  alat dan bahan untuk
   percobaan.

·   Mendiskusikan data percobaan untuk membuktikan hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro dalam diskusi kelompok di kelas.(TM,PT)
·   Menghitung volume gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac.(PT)

·   Menemukan hubungan antara volum gas dengan jumlah molekulnya yang diukur pada suhu dan tekanan yang sama (hukum Avogadro).(PT)

·   Bersahabat, tangggung jawab, mandiri



·   Rasa ingin tahu, mandiri



·   Rasa ingin tahu, mandiri
·   Menganalisis data percobaan pada senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (hukum Dalton)
·   Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum perbandingan volum (hukum Gay Lussac).
·   Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum hukum Avogadro.

2 jam

·   Perhitungan kimia

·   Diskusi informasi konsep mol.(TM,PT)
·   Menghitung jumlah mol, jumlah partikel, massa dan volum gas, menentukan rumus empiris, rumus molekul, air kristal, kadar zat dalam senyawa, dan pereaksi pembatas.(PT)

·   Bersahabat, tangggung jawab, mandiri
·   Rasa ingin tahu, mandiri
·   Mengkonversikan jumlah mol dengan jumlah partikel, massa, dan volum zat.
·   Menentukan rumus empiris dan rumus molekul
·   Menentukan rumus air  kristal
·   Menentukan kadar zat dalam suatu senyawa.
·   Menentukan pereaksi pembatas dalam suatu reaksi
·   Menentukan banyak zat pereaksi atau hasil reaksi
-  Tugas kelompok
-  Ulangan harian

-  Tugas individu
-  Ulangan harian
-  Tugas individu
-  Tugas individu

-  Tugas kelompok
-  Ulangan harian
-  Kuis

6 jam


SILABUS

                                        Nama Sekolah                                                             : SMK Era Utama
                                        Mata Pelajaran                                                            : KIMIA
                                        Kelas/Semester                                           : XI/1
                                        Standar Kompetensi   : 3. Memahami sifat-sifat  larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi
                                        Alokasi Waktu                                                              : 13 jam (3 jam untuk UH )

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Nilai Karakter
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
3.1        Mengidentifikasi  sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.
·   Larutan non elektrolit dan elektrolit
·   Jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik
·   Jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan.
·   Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit dalam diskusi kelompok di laboratorium.(TM,PT)
·   Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan non elektrolit dan elektrolit.(PT)
·   Jujur,Disiplin,kerja keras,kreatif,mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,
·   Mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat,
·   Melaksanakan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit 
·   Mengelompokkan larutan ke dalam larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
·   Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
·   Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
Jenis tagihan
-  tugas kelompok
-  tugas individu
 - ulangan harian
-  tugas individu
-  ulangan harian
-  tugas ndividu
-  ulangan harian
Bentuk instrumen
-  laporan tertulis
-  performans
-  tes tertulis
4 jam
Sumber
-  buku kimia

Bahan
-  lembar kerja,
-  alat dan
   bahan untuk
   percobaan
3.2  Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya
·   konsep oksidasi reduksi
·   bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion


·   Tata nama menurut IUPAC
·   Menentukan bilangan oksiddasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam diskusi (PT)
·   Berlatih menentukan bilangan oksidasi, oksidator, reduktor, hasil oksidasi dan hasil reduksi (TM, PT)
·   Menentukan penamaan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.(PT)
·   rasa ingin tahu, tanggung jawab,

·   Disiplin,kerja keras, rasa ingin tahu, tanggung jawab
·   Disiplin,kerja keras, rasa ingin tahu,

·   Menentuan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion

·   Menentukan osidator dan reduktor dalam reaksi redoks

·   Memberi nama senyawa menurut  IUPAC
-  tugas individu
 - ulangan harian

-  tugas individu
 - ulangan harian

-   kuis
-  tugas individu


·   Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan
·   Menemukan konsep redoks untuk memecahkan masalah lingkungan dalam diskusi kelompok di kelas(PT)

·   kreatif,mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,
·   Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.
Bentuk insrumen
-  laporan tertulis
-  performans
(kinerja dan sikap)
-  tes tertulis
1 jam
                                                                                                                                          

                                                                                                                                                               

                                                                                                                                                                                                                                SILABUS
                                        Nama Sekolah                                                             : SMK Era Utama
                                        Mata Pelajaran                                                            : KIMIA
                                        Kelas/Semester                                           : XII/1
                                        Standar Kompetensi   : 4. Memahami sifat-sifat  senyawa organik dan makromolekul
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Nilai Karakter
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
4.1   Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon


·   Identifikasi atom C, H dan O.


·   Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium (TM,PT)
·   Disiplin,kerja keras,mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,
·   Melaksanakan percobaan  untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon

Jenis tagihan
-   tugas kelompok
-   kuis


-  Tugas individu
-  Ulangan harian

Bentuk instrumen
-   performans (kinerja dan sikap),
-   tes tertulis

Jenis tagihan
-  Tugas individu
-  Kuis
-  Tugas individu ulangan harian
-  Tugas kelompok

-  Tugas individu
-  Ulangan harian
-   
2 jam
Sumber
-   buku kimia

Bahan
-   lembar kerja
-   alat dan bahan untuk percobaan
-   molymood

·   Kekhasan atom karbon.

·   Dengan menggunakan molymood mendiskusikan kekhasan atom karbon dalam diskusi kelompok di kelas (TM,PT)
·   Disiplin, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,
·   Mendeskripsikan  kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon
·   Atom C primer, atom  C sekunder, atom C tertier, dan atom C kuarterner
·   Menentukan  atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner dalam diskusi kelompok di kelas(PT)
·   Rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,
·   Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner.
4.2   Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.

·   Akana, alkena dan alkuna




·   Dengan menggunakan molymood (dapat diganti dengan molymood buatan) mendiskusikan jenis ikatan atom karbon pada senyawa alkana, alkena dan alkuna.(TM,PT)
·    Latihan tatanama.(PT)
·   Kreatif, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab



·    rasa ingin tahu
·   Mengelompokkan  senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan 
·   Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.

7 jam
Sumber
-  buku kimia

Bahan
-  lembar kerja

·   Sifat-sifat  fisik alkana, alkena dan alkuna


·   Isomer


·    Menganalisa data titik didih dan titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok.(TM,PT)

·    Dengan menggunakan molymood menentukan isomer senyawa hidrokarbon melalui diskusi kelompok.(TM,PT)
·   Disiplin, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,


·   Disiplin, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,



·   Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
·   Menentukan  isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) dan isomer geometri (cis, trans)
·   Reaksi senyawa karbon

·    Merumuskan  reaksi sederhana  senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas(TM,PT)
·   Kerja keras, rasa ingin tahu.
·   Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa  alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi)
-  Tugas individu
-  Ulangan harian
Bentuk instumen
-  laporan tertulis
-  pervormans (kinerja dan sikap)
-  tes tertulis
2 jam

 4.3  Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
·   Minyak bumi
·   Fraksi minyak bumi
·   Mutu bensin
·   Dampak pembakaran bahan bakar






·   Dalam kerja kelompok  membahas tentang  eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dan dampak hasil pembakaran bahan bakar (TM,PT)
·   (Kunjungan ke museum atau lokasi eksplorasi minyak bumi bila terdapat di lingkungan sekolah)(KMTT)
·   Presentasi hasil kerja kelompok.(PT)
·   Disiplin,kerja keras, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,peduli lingkungan





·   Disiplin,rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,
·   Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
·   Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.
·   Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.
·   Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
·   Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.
Jenis tagihan
-  tugas kelompok
-  ulangan harian
-  kuis
-  ulangan harian
-  Ulangan harian

-  Tugas kelompok
-  Ulangan harian
Bentuk instumen
-  Laporan tertulis
-  Performans (kinerja dan sikap)
-  Tes tertulis
Jenis tagihan
-  Tugas kelompok
-  Ulangan harian

-  Tugas kelompok
Bentuk instrumen
-  laporan tertulis
-  performans (kinerja dan sikap)
-  tes tertulis

4 jam
Sumber
-  buku kimia
-              internet


4.4  Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika

·   Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
·   Diskusi dalam kerja kelompok untuk mengidentifikasi kegunaan senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang , papan dan dalam bidang seni dan estetika)(untuk daerah-daerah penghasil minyak bumi atau yang memiliki industri petrokimia bisa diangkat sebagai bahaskusi). (KMTT)
·   Kerja keras, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,peduli lingkungan
·   Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan
·   Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
·   Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.

2 jam
Sumber
-  buku kimia
-              internet


                                        Alokasi Waktu                                                              : 13 jam (3 jam untuk UH )









































Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Nilai Karakter
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
5.1 1 Memisahkan zat dari campuran
·   Pemisahan campuran
·   Jenis campuran
·   Jenis pemisahan campuran.
·   Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat Zat dan metode pemisahan dalam diskusi kelompok di laboratorium.(TM,PT)
·   Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan dan campuran
·   Megelompokan jenis jenis campuran dan jenis pemisahan.
·   Jujur,Disiplin,kerja keras,kreatif,mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,
·   Mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat,
-  Pengelompokan campuran menjadi campuran
homogen dan heterogen dijelaskan dengan benar.
-  Cara-cara pemisahan capmuran dideskripsikan
dengan jelas.
-  Teknik pemisahan campuran dipraktikkan di
laboratorium dengan
·   benar.
Jenis tagihan
-  tugas kelompok
-  tugas individu
 - ulangan harian
-  tugas individu
-  ulangan harian
-  tugas ndividu
-  ulangan harian
Bentuk instrumen
-  laporan tertulis
-  performans
-  tes tertulis
4 jam
Sumber
-  buku kimia

Bahan
-  lembar kerja,
-  alat dan
   bahan untuk
   percobaan
5.2  Menentukan kadar suatu unsur/senyawa senyawa gravimetri, volumetri, dan teknik lainnya
·   Penetuan kadar suatu unsur/senyawa
-  Penentuan kadar suatu unsur/senyawa dengan
cara gravimetri dan volumetri dideskripsikan
dengan jelas.
-  Penentukan kadar senyawa dengan cara gravimetri
dilakukan dengan benar.
·   -  Penentuan kadar senyawa dengan cara volumetri dilakukan dengan benar
·   rasa ingin tahu, tanggung jawab,

·   Disiplin,kerja keras, rasa ingin tahu, tanggung jawab
·   Disiplin,kerja keras, rasa ingin tahu,

-  Diskusi dan informasi tentang pengertian
gravimetri dan titrasi melalui diskusi dan informasi.
-  Melakukan percobaan gravimetri dan  titrasi
-  Membuat laporan hasil percobaan.
·   -  Review
-  tugas individu
 - ulangan harian

-  tugas individu
 - ulangan harian

-   kuis
-  tugas individu
8 jam




Tidak ada komentar:

Posting Komentar