SILABUS
Nama Sekolah : SMK Era Utama
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep materi dan perubahannya
Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran (untuk UH 2 jam)
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai karakter
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
1.1 Mengelompokkan sifat dan jenis materii
|
Definsi dan deskripsi tentang materi
|
· Mengkaji
literatur tentang materi dan perubahnnya
· Menyimpulkan
hasil pembelajaran(PT)
|
· Kerja
keras,kreatif, mandiri
· Jujur
,bersahabat, tanggung jawab
· Kreatif,
mandiri, rasa ingin tahu,tanggung jawab
|
- Materi sebagai sesuatu yang memiliki massa, memiliki ruang, dan dapat
diraba
didefinisikan dengan
jelas.
|
Jenis tagihan:
- tugas individu
- ulangan harian
-
Tugas kelompok
-
kuis
-
Kuis
-
Ulangan harian
-
Tugas individu
-
Kuis
-
Ulangan harian
-
Tugas individu
|
2 jam
|
Sumber
- buku
kimia,
Bahan
- lembar
kerja
|
Sifat dan jenis materi
Perubahan Materi,
perubahan fisika dan perubahan kimia
|
· Mengkaji
literatur tentang sifat dan jenis materi
dalam kerja kelompok.(TM,PT)
· Presentasi
hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokan unsur-unsur.(PT)
|
· Kraetif,
mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab
· Jujur
,bersahabat, tanggung jawab
|
- Pengertian
perubahan materi dan pengelompokannya dideskripsikan dengan jelas.
- Perubahan fisika yang ditunjukkan oleh perubahan wujud tanpa terjadi perubahan komposisi atau identitas zat
dan dapat diukur diamati
dengan benar.
- Perubahan kimia yang ditunjukkan oleh perubahan komposisi
(perubahan warna,
terbentuknya endapan, atau
gas)
diamati dengan benar.
|
2 jam
|
|||
Klasifikasi Materi: tunggal, campuran homogen dan campuran heterogen
Unsure dan senyawa
|
· Mengkaji
klasifikasi materi dengan kelompok diskusi
|
· Kreatif,
mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab
|
- Pengelompokan materi menjadi unsur,
senyawa, dan campuran
dideskripsikan dengan benar.
- Pengertian campuran sebagai gabungan
beberapa unsur atau senyawa dideskripsikan dengan benar.
- Pengelompokan
campuran menjadi campuran homogen dan heterogen dilakukan dengan benar.
|
2 jam
|
|||
|
|
Mengidentifikasi materi dan perubahnnya melalui kerja kelompok
(PT)
|
· Mandiri, rasa ingin tahu
|
|
- Kuis
Tugas individu
|
|
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMK Era
Utama
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 2. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan
ikatan kimia
Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran (untuk UH 2
jam)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Nilai karakter
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
2.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori
atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik
unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman
konfigurasi elektron
|
· Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom
Modern.
|
· Mengkaji literatur tentang perkembangan teori atom (di rumah setelah
ditugaskan pada pertemuan sebelumnya).(TM,PT)
· Mempresentasikan dan diskusi hasil kajian.(PT)
· Menyimpulkan hasil pembelajaran(PT)
|
· Kerja keras,kreatif, mandiri
· Jujur ,bersahabat, tanggung jawab
· Kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,tanggung jawab
|
· Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan
kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan
|
Jenis tagihan:
- tugas individu
- ulangan harian
- Tugas kelompok
-
kuis
- Kuis
- Ulangan harian
- Tugas individu
- Kuis
- Ulangan harian
- Tugas individu
|
2 jam
|
Sumber
- buku kimia,
- tabel periodik,
- kartu unsur
Bahan
- lembar kerja
|
· Perkembangan tabel periodik unsur
|
· Mengkaji literatur tentang perkembangan
tabel periodik unsur dalam kerja kelompok.(TM,PT)
· Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokan
unsur-unsur.(PT)
|
· Kraetif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab
· Jujur ,bersahabat, tanggung jawab
|
· Membandingkan perkembangan tabel
periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
· Menjelaskan dasar pengelompokan
unsur-unsur.
|
2 jam
|
|||
· Struktur atom
|
· Mengkaji tabel periodik unsur untuk menentukan partikel dasar,
konfigurasi elektron, periode dan golongan,
massa atom relatif.(TM,PT)
|
· Kraetif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab
|
· Menentukan partikel dasar (proton, elektron dan netron)
· Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi
· Menentukan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel
periodik
· Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik
|
2 jam
|
|||
|
|
· Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton melalui kerja
kelompok
(PT)
|
· Mandiri, rasa ingin tahu
|
· Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton
|
- Kuis
Tugas individu
|
|
|
|
· Sifat fisik dan sifat kimia unsur
· Sifat keperiodikan unsur
|
· Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan
metaloid.(TM,PT)
· Mengkaji keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron
dan keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan berdasarkan data
atau grafik dan nomor atom melalui diskusi kelompok.(TM,PT)
· Menghubungkan keteraturan sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas
elektron dan keelektronegatifan(TM,PT)
|
· Jujur,disiplin, rasa ingin tahu
· Kraetif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab
· Kerja keras, jujur
· Kraetif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab
|
· Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
· Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom,
energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan
|
-
Kuis
-
Tugas kelompok
-
Ulangan harian
|
2 jam
|
|
2.2 Membandingkan proses pembentukan
ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta
hubungannya dengan sifat fisik senyawa yang terbentuk
|
· Ikatan Kimia
- kestabilan unsur
- struktur Lewis
|
· Menentukan unsur yang dapat melepaskan elektron atau menerima elektron
untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok(PT)
· Menggambarkan susunan elektron valensi Lewis melalui diskusi kelas.(PT)
|
· Kerja keras, rasa ingin tahu, mandiri
· Kreatif, rasa ingin tahu, bersahabat
|
· Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
· Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan oktet)
dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).
|
Jenis tagihan
- kuis
- tugas kelompok
- ulangan
-
Tugas individu
-
Ulangan harian
- Tugas kelompok
-
Kuis
-
Tugas individu
-
Ulangan harian
-
Tugas kelompok
-
Ulangan harian
-
Tugas kelompok
-
Tugas kelompok
-
Ulangan harian
Bentuk instrumen
- laporan tertulis,
- performans (kinerja dan sikap)
- tes tertulis
|
3 jam
|
Sumber
- buku kimia
Bahan
- lembar kerja
- molymood
Alat
- standar
- buret
- corong
- gelas kimia
- batang polietilen
|
- ikatan ion dan ikatan kovalen
|
· Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dalam
diskusi kelas(TM,PT)
|
· Kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras
|
· Menjelaskan proses terbentuknya
ikatan ion.
· Menjelaskan proses terbentuk-nya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan
rangkap tiga.
|
||||
|
· Membandingkan sifat-sifat senyawa ion dengan sifat-sifat senyawa kovalen
dalam diskusi kelas (PT)
|
· Kreatif,bersahabat, tanggung jawab
|
· Menjelaskan sifat-sifat senyawa ion dan sifat-sifat senyawa kovalen
|
||||
· Ikatan kovalen koordinasi
|
· Mendikusikan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi dari beberapa
contoh senyawa sederhana.(TM,PT)
|
·
Kreatif,bersahabat, tanggung jawab
|
· Menjelaskan proses terbentuknya
ikatan kovalen koordinasi pada beberapa senyawa.
|
3 jam
|
|||
· Senyawa kovalen polar dan non polar.
|
· Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di
laboratorium.(PT)
|
· Jujur, mandiri, rasa ingin tahu,tanggung jawab
|
· Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan
melalui percobaan.
|
||||
· Ikatan logam
|
· Mengidentifikasi sifat fisik logam dan menghubungkannya dengan proses
pembentukan ikatan logam dalam diskusi kelompok di laboratorium(TM,PT)
|
· Kreatif, rasa ingin tahu,tanggung jawab
|
· Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya dengan
sifat fisik logam.
· Menghubungkan sifat fisik materi dengan jenis ikatannya.
|
Standar Kompetensi :
3. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan
penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Alokasi Waktu :
20 jam (untuk UH 4 jam)
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Nilai Karakter
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
3.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa
anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya.
|
· Tata nama senyawa
|
· Menentukan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation
(golongan utama) dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.(PT)
· Menentukan nama senyawa biner yang terbentuk melalui ikatan kovalen.(PT)
· Menentukan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation
(golongan utama dan NH4+) dan anion poliatomik serta
memberi namanya dalam diskusi kelompok.(PT)
· Menyimpulkan aturan pemberian nama senyawa biner dan poliatomik.(PT)
· Menginformasikan nama beberapa senyawa organik sederhana.(PT)
|
· Rasa ingin tahu, kerja keras.
· Rasa ingin tahu, kerja keras.
· Rasa ingin tahu, kerja keras.
· Mandiri, tanggung jawab
· Rasa ingin tahu.
|
· Menuliskan nama senyawa biner
· Menuliskan nama senyawa poliatomik
· Menuliskan nama senyawa organik sederhana
|
Jenis tagihan
- tugas individu
- kuis
- tugas indvidu
- kuis
- kuis
-tugas kkelompok
- ulangan harian
Bentuk instrumen
- tes tertulis
- laporan tertulis
|
2 jam
|
Sumber
- buku kimia,
- lembar kerja
|
·
Persamaan reaksi sederhana
|
·
Mendiskusikan cara
menyetarakan reaksi.(TM,PT)
·
Latihan menyetarakan
persamaan reaksi.(PT)
|
·
Bersahabat, tangggung jawab
·
Rasa ingin tahu
|
·
Menyetarakan reaksi
sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya
|
4 jam
|
|||
3.2 Membuktikan dan
mengkomunikasikan berlakunya
hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam
menyelesaikan perhitungan kimia.
|
·
Hukum dasar kimia
- hukum Lavoisier
- hukum Proust
- hukum Dalton
- hukum Gay Lussac
- hukum Avogadro
|
·
Merancang dan melakukan
percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier, dan hukum Proust di
laboratorium.(TM,PT)
·
Menarik kesimpulan dari
data hasil percobaan.(PT)
|
·
Kreatif, tanggung jawab, disiplin
·
Kreatif, tanggung jawab,
disiplin
|
·
Membuktikan Hukum Lavoisier
melalui percobaan
·
Membuktikan hukum Proust
melalui percobaan
|
Jenis tagihan
- tugas kelompok
- tugas kelompok
- ulangan
- tugas kelompok
- tugas kelompok
- tugas kelompok
- ulangnan harian
-
Bentuk instrumen
- tes tertulis,
- performans (kinerja dan sikap)
- laporan tertulis
|
2 jam
|
Sumber
- buku kimia
Bahan
- Lembar kerja,
- alat dan bahan untuk
percobaan.
|
·
Mendiskusikan data
percobaan untuk membuktikan hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro
dalam diskusi kelompok di kelas.(TM,PT)
·
Menghitung volume gas
pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac.(PT)
·
Menemukan hubungan antara
volum gas dengan jumlah molekulnya yang diukur pada suhu dan tekanan yang
sama (hukum Avogadro).(PT)
|
·
Bersahabat, tangggung
jawab, mandiri
·
Rasa ingin tahu, mandiri
·
Rasa ingin tahu, mandiri
|
·
Menganalisis data percobaan
pada senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (hukum
Dalton)
·
Menggunakan data percobaan
untuk membuktikan hukum perbandingan volum (hukum Gay Lussac).
·
Menggunakan data percobaan
untuk membuktikan hukum hukum Avogadro.
|
2 jam
|
||||
|
·
Perhitungan kimia
|
·
Diskusi informasi konsep
mol.(TM,PT)
·
Menghitung jumlah mol,
jumlah partikel, massa dan volum gas, menentukan rumus empiris, rumus
molekul, air kristal, kadar zat dalam senyawa, dan pereaksi pembatas.(PT)
|
·
Bersahabat, tangggung
jawab, mandiri
·
Rasa ingin tahu, mandiri
|
·
Mengkonversikan jumlah mol
dengan jumlah partikel, massa, dan volum zat.
·
Menentukan rumus empiris
dan rumus molekul
·
Menentukan rumus air kristal
·
Menentukan kadar zat dalam
suatu senyawa.
·
Menentukan pereaksi
pembatas dalam suatu reaksi
·
Menentukan banyak zat
pereaksi atau hasil reaksi
|
- Tugas kelompok
- Ulangan harian
- Tugas individu
- Ulangan harian
- Tugas individu
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan harian
- Kuis
|
6 jam
|
|
SILABUS
Nama
Sekolah :
SMK Era Utama
Mata
Pelajaran :
KIMIA
Kelas/Semester : XI/1
Standar
Kompetensi : 3. Memahami
sifat-sifat larutan non-elektrolit dan
elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi
Alokasi
Waktu : 13 jam (3 jam untuk
UH )
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Nilai Karakter
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
3.1 Mengidentifikasi sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit
berdasarkan data hasil percobaan.
|
·
Larutan non elektrolit dan
elektrolit
·
Jenis larutan berdasarkan
daya hantar listrik
·
Jenis larutan elektrolit
berdasarkan ikatan.
|
·
Merancang dan melakukan
percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan
elektrolit dalam diskusi kelompok di laboratorium.(TM,PT)
·
Menyimpulkan perbedaan
sifat dan jenis larutan non elektrolit dan elektrolit.(PT)
|
·
Jujur,Disiplin,kerja keras,kreatif,mandiri,
rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,
·
Mandiri, rasa ingin tahu,
bersahabat,
|
·
Melaksanakan percobaan
untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit
·
Mengelompokkan larutan ke
dalam larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran
listriknya
·
Menjelaskan penyebab
kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
·
Mendeskripsikan bahwa
larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
|
Jenis tagihan
- tugas kelompok
- tugas individu
- ulangan harian
- tugas individu
- ulangan harian
- tugas ndividu
- ulangan harian
Bentuk instrumen
- laporan tertulis
- performans
- tes tertulis
|
4 jam
|
Sumber
- buku kimia
Bahan
- lembar kerja,
- alat dan
bahan untuk
percobaan
|
3.2 Menjelaskan perkembangan konsep reaksi
oksidasi-reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya
|
·
konsep oksidasi reduksi
·
bilangan oksidasi unsur
dalam senyawa atau ion
·
Tata nama menurut IUPAC
|
· Menentukan bilangan oksiddasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam
diskusi (PT)
· Berlatih menentukan bilangan oksidasi, oksidator, reduktor, hasil
oksidasi dan hasil reduksi (TM, PT)
· Menentukan penamaan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel
kation dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.(PT)
|
·
rasa ingin tahu, tanggung
jawab,
·
Disiplin,kerja keras, rasa
ingin tahu, tanggung jawab
·
Disiplin,kerja keras, rasa
ingin tahu,
|
·
Menentuan bilangan oksidasi
atom unsur dalam senyawa atau ion
·
Menentukan osidator dan
reduktor dalam reaksi redoks
·
Memberi nama senyawa
menurut IUPAC
|
- tugas individu
- ulangan harian
- tugas individu
- ulangan harian
- kuis
- tugas individu
|
|
|
·
Aplikasi redoks dalam
memecahkan masalah lingkungan
|
·
Menemukan konsep redoks
untuk memecahkan masalah lingkungan dalam diskusi kelompok di kelas(PT)
|
·
kreatif,mandiri, rasa ingin
tahu, bersahabat, tanggung jawab,
|
·
Mendeskripsikan konsep
larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.
|
Bentuk insrumen
- laporan tertulis
- performans
(kinerja dan
sikap)
- tes tertulis
|
1 jam
|
SILABUS
Nama
Sekolah :
SMK Era Utama
Mata
Pelajaran :
KIMIA
Kelas/Semester : XII/1
Standar
Kompetensi : 4. Memahami
sifat-sifat senyawa organik dan
makromolekul
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai Karakter
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam
membentuk senyawa hidrokarbon
|
· Identifikasi atom C, H dan O.
|
· Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan
O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium (TM,PT)
|
· Disiplin,kerja keras,mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung
jawab,
|
· Melaksanakan percobaan untuk
mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon
|
Jenis tagihan
- tugas kelompok
- kuis
- Tugas individu
- Ulangan harian
Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap),
- tes tertulis
Jenis tagihan
- Tugas individu
- Kuis
- Tugas individu ulangan harian
- Tugas kelompok
- Tugas individu
- Ulangan harian
-
|
2 jam
|
Sumber
- buku kimia
Bahan
- lembar kerja
- alat dan bahan untuk percobaan
- molymood
|
· Kekhasan atom karbon.
|
· Dengan menggunakan molymood mendiskusikan
kekhasan atom karbon dalam diskusi kelompok di kelas (TM,PT)
|
· Disiplin, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,
|
· Mendeskripsikan kekhasan atom
karbon dalam senyawa karbon
|
||||
· Atom C primer, atom C sekunder,
atom C tertier, dan atom C kuarterner
|
· Menentukan atom C primer,
sekunder, tertier dan kuarterner dalam diskusi kelompok di kelas(PT)
|
· Rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,
|
· Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner.
|
||||
4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon
berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.
|
· Akana, alkena dan alkuna
|
· Dengan menggunakan molymood (dapat diganti dengan molymood buatan)
mendiskusikan jenis ikatan atom karbon pada senyawa alkana, alkena dan
alkuna.(TM,PT)
· Latihan tatanama.(PT)
|
· Kreatif, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab
· rasa ingin tahu
|
· Mengelompokkan senyawa hidrokarbon
berdasarkan kejenuhan ikatan
· Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
|
7 jam
|
Sumber
- buku kimia
Bahan
- lembar kerja
|
|
· Sifat-sifat fisik alkana, alkena
dan alkuna
· Isomer
|
· Menganalisa data titik didih dan
titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok.(TM,PT)
· Dengan menggunakan molymood
menentukan isomer senyawa hidrokarbon melalui diskusi kelompok.(TM,PT)
|
· Disiplin, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,
· Disiplin, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,
|
· Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa
molekul relatif dan strukturnya.
· Menentukan isomer struktur
(kerangka, posisi, fungsi) dan isomer geometri (cis, trans)
|
||||
· Reaksi senyawa karbon
|
· Merumuskan reaksi sederhana senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam
diskusi kelas(TM,PT)
|
· Kerja keras, rasa ingin tahu.
|
· Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa
alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi
substitusi, dan reaksi eliminasi)
|
- Tugas individu
- Ulangan harian
Bentuk instumen
- laporan tertulis
- pervormans (kinerja dan sikap)
- tes tertulis
|
2 jam
|
4.3
Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi
minyak bumi serta kegunaannya
|
· Minyak bumi
· Fraksi minyak bumi
· Mutu bensin
· Dampak pembakaran bahan bakar
|
· Dalam kerja kelompok membahas tentang eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi,
mutu bensin, dan dampak hasil pembakaran bahan bakar (TM,PT)
· (Kunjungan ke museum atau lokasi eksplorasi minyak bumi bila terdapat di
lingkungan sekolah)(KMTT)
·
Presentasi
hasil kerja kelompok.(PT)
|
· Disiplin,kerja keras, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,peduli
lingkungan
· Disiplin,rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,
|
· Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
· Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.
· Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan
teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.
· Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
· Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.
|
Jenis tagihan
- tugas kelompok
- ulangan harian
- kuis
- ulangan harian
- Ulangan harian
- Tugas kelompok
- Ulangan harian
Bentuk instumen
- Laporan tertulis
- Performans (kinerja dan sikap)
- Tes tertulis
Jenis tagihan
- Tugas kelompok
- Ulangan harian
- Tugas kelompok
Bentuk instrumen
- laporan tertulis
- performans (kinerja dan sikap)
- tes tertulis
|
4 jam
|
Sumber
- buku kimia
- internet
|
4.4 Menjelaskan
kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam
bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika
|
· Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
|
· Diskusi dalam kerja kelompok untuk mengidentifikasi kegunaan senyawa
hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang , papan dan dalam bidang seni dan
estetika)(untuk daerah-daerah penghasil minyak bumi atau yang memiliki industri
petrokimia bisa diangkat sebagai bahaskusi). (KMTT)
|
· Kerja keras, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,peduli
lingkungan
|
· Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang
pangan
· Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang
sandang dan papan.
· Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang
seni dan estetika.
|
2 jam
|
Sumber
- buku kimia
- internet
|
Alokasi
Waktu : 13 jam (3 jam untuk
UH )
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai Karakter
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
5.1 1 Memisahkan zat dari campuran
|
· Pemisahan
campuran
· Jenis
campuran
· Jenis
pemisahan campuran.
|
· Merancang
dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat Zat dan metode
pemisahan dalam diskusi kelompok di laboratorium.(TM,PT)
· Menyimpulkan
perbedaan sifat dan jenis larutan dan campuran
· Megelompokan
jenis jenis campuran dan jenis pemisahan.
|
· Jujur,Disiplin,kerja
keras,kreatif,mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat, tanggung jawab,
· Mandiri,
rasa ingin tahu, bersahabat,
|
-
Pengelompokan campuran menjadi campuran
homogen dan heterogen dijelaskan dengan
benar.
-
Cara-cara
pemisahan
capmuran dideskripsikan
dengan jelas.
-
Teknik
pemisahan campuran dipraktikkan
di
laboratorium dengan
· benar.
|
Jenis tagihan
- tugas kelompok
- tugas individu
- ulangan harian
- tugas
individu
- ulangan
harian
- tugas
ndividu
- ulangan
harian
Bentuk
instrumen
- laporan tertulis
- performans
- tes tertulis
|
4 jam
|
Sumber
- buku kimia
Bahan
- lembar kerja,
- alat dan
bahan untuk
percobaan
|
5.2 Menentukan kadar suatu unsur/senyawa senyawa gravimetri,
volumetri, dan teknik lainnya
|
· Penetuan
kadar suatu
unsur/senyawa
|
-
Penentuan
kadar suatu unsur/senyawa dengan
cara gravimetri dan
volumetri dideskripsikan
dengan jelas.
-
Penentukan kadar
senyawa dengan cara gravimetri
dilakukan dengan benar.
· - Penentuan
kadar senyawa dengan cara volumetri dilakukan dengan
benar
|
· rasa ingin
tahu, tanggung jawab,
· Disiplin,kerja
keras, rasa ingin tahu, tanggung jawab
· Disiplin,kerja
keras, rasa ingin tahu,
|
-
Diskusi dan informasi tentang pengertian
gravimetri dan titrasi melalui diskusi dan informasi.
-
Melakukan percobaan
gravimetri dan titrasi
-
Membuat laporan hasil percobaan.
· - Review
|
- tugas individu
- ulangan harian
- tugas individu
- ulangan harian
- kuis
- tugas individu
|
8 jam
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar