Kamis, 13 Desember 2012

RPP Kimia SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SMK ERA UTAMA Mata Pelajaran : Kimia Kelas / Semester : X / 1 Materi ajar : Materi Dan Perubahannya Standar Kompetensi : Memahami konsep materi dan perubahannya Kompetensi dasar : 1.1 Mengelompokkan sifat dan jenis materi 1.2 Mengelompokkan perubahan materi 1. 3 Mengklasifikasi materi Indikator Pencapaian Kompetensi: 1. Materi sebagai sesuatu yang memiliki massa, memiliki ruang, dan dapat diraba didefinisikan dengan jelas. 2. Pengelompokan materi berdasarkan sifatnya dilakukan dengan benar. Pengertian perubahan materi dan pengelompokannya dideskripsikan dengan jelas. 3. Perubahan fisika yang ditunjukkan oleh perubahan wujud tanpa terjadi perubahan komposisi atau identitas zat dan dapat diukur diamati dengan benar. 4. Perubahan kimia yang ditunjukkan oleh perubahan komposisi (perubahan warna, terbentuknya endapan, atau gas) diamati dengan benar. 5. Pengelompokan materi menjadi unsur,senyawa, dan campuran dideskripsikan dengan benar. 6. Pengertian campuran sebagai gabungan beberapa unsur atau senyawa dideskripsikan dengan benar. 7. Pengelompokan campuran menjadi campuran homogen dan heterogen dilakukan dengan benar. Tujuan: Siswa dapat, Menyatakan pengertian materi dan perubahannya sebagai unit pembangun materi  Karakter siswa yang diharapkan :  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil. Materi Ajar : Pengenalan ilmu kimia Metode pendekatan: o Ceramah o Diskusi o Penugasan Tatap Muka Terstruktur Mandiri • Memahami materi perubahannya dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri • Mengkaji kondisi yang optimum untuk membedakan perubahan fisika dan kimia • Siswa dapat menjelaskan pengertian materi dan sifat sifat metri serta aplikasinya dalam kehidupan sehari hari. Strategi Pembelajaran Skenario Pembelajaran Pertemuan Pertama: (1 jam pelajaran) Kegiatan awal o Salam pembuka o Perkenalan Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: o Pengenalan Kimia (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); Elaborasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: o Melakukan diskusi kelas untuk Menjelaskan pengertian materi dan perubahannya serta memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari dan industry (15 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: o Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.); o Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan) Kegiatan Akhir o Menyimpulkan pokok kajian dalam ilmu kimia (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); o Menyimpulkan manfaat belajar kimia (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.1) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); Pertemuan Kedua: (1 jam pelajaran) Kegiatan awal (5-10 menit) o Salam pembuka o Memeriksa kehadiran siswa. o Memeriksa sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak. o Apersepsi: Diskusi singkat tentang partikel materi Apakah yang dimaksud dengan partikel materi? Apakah partikel dari besi? air? o Motivasi Dengan memahami partikel materi kita akan dapat memahami perbedaan antara materi yang satu dari yang lainnya. Kegiatan Inti (30 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: o Membahas LKS 1.1 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); Elaborasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: o Melakukan diskusi kelas (15 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: o Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.); o Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan) Kegiatan Akhir (5 menit) o Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.); o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mengerjakan LKS 1.2) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Tidak ada komentar:

Posting Komentar